#Menolaklupa – Catatan untuk Sendiri

Mei selalu mengajak kita untuk ingat. Terlebih sekarang, saat kita harus berhadapan dengan seorang Capres yang membuka kembali ingatan soal Orde Baru dan berbagai peristiwa seputar 1998. #Menolaklupa menjadi sebuah keharusan dalam situasi demikian. 

Buat saya sendiri, menolak lupa memiliki makna yang berbeda. Saya tidak dalam kapasitas untuk mengomentari peristiwa Reformasi karena ingatan yang tidak mendukung untuk itu. #Menolaklupa justru merupakan renungan pribadi untuk terus mengingat alasan saya untuk bekerja demi perubahan. 

Menolak lupa membawa saya kembali ke momen-momen kuliah, ke berbagai peristiwa yang mendorong saya hingga berada di titik saat ini. Berbagai cita-cita yang mengesampingkan kepentingan individual nan altruistik. Namun, dalam perjalanan hidup yang tidak bisa Anda kendalikan itu, sebuah niat mulia begitu mudah berubah dan tercampur dengan ambisi pribadi. Di saat Anda mulai jujur bertanya tentang motif yang melatarbelakangi sebuah pengambilan keputusan, Anda mulai sadar bahwa lupa adalah bagian dari karakter tiap manusia. Terutama diri Anda sendiri. 

Sebaliknya, menolak lupa juga dapat diartikan sebagai sebuah keinginan untuk belajar dari kesalahan. Kesalahan yang paling saya rasakan saat ini adalah mengulang sebuah kenaifan. Naif dengan beranggapan bahwa perubahan itu terwujud tanpa perlunya power play. Naif dengan beranggapan bahwa kebersamaan dapat menetralkan power play. Naif dengan berharap saya dapat turut serta dalam sebuah mimpi yang tidak tercetus dari kepala saya sendiri. Naif dengan berpikiran bahwa ketokohan di dalam lembaga dapat diganti dengan partisipasi. Naif adalah ekses dari sifat kita yang gemar lupa. 

Maka, bagi saya pribadi, menolak lupa merupakan pengingat. Bukan hanya soal motif terdalam untuk mengambil sebuah keputusan, tetapi juga untuk belajar dari apa yang sudah dilalui. Bukankah ini esensi tagar tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>