Senjakala Chomsky

Noam Chomsky public lecture @DW Global Media Forum

Sumber/source: DW Global Media Forum 2013

Terkadang seorang intelektual atau cendekiawan tak ubahnya seorang artis. Hal ini terasa benar ketika saya menghadiri kuliah umum Noam Chomsky di Bonn, 17 Juni 2013 silam. Kata ‘peserta’ mungkin lebih tepat diganti dengan kata ‘penonton’. Karena pengalaman yang lebih pas adalah menonton Noam Chomsky, bukan mendengarkan atau menyimak. 

Karena ternyata, apa yang saya lakukan selama kurang lebih 100 menit tersebut adalah melihat dia berbicara. Tetapi mendengarkan, apalagi memahami isi perkataannya adalah PR besar yang membuat sebagian besar peserta kelimpungan. Usia yang sudah lanjut dan fisik yang mengendur membuat perkataan beliau susah diikuti, tidak runut dan tanpa alur. Seperti mendengarkan kakek yang berbagi pengalaman hidupnya kepada si cucu, bebas tanpa ada urutan cerita. 

Kesalahan terletak pada saya, dan mereka yang datang dengan ekspektasi terlalu tinggi. Kita semua mungkin pernah membaca karya-karya beliau, dan mungkin ada baiknya kita sudahi di situ. Cukuplah buku, artikel dan semua karya akademik beliau menjadi pegangan kita selanjutnya, tetapi tidak perlu paksakan Chomsky untuk mengisi kuliah umum lagi. Mungkin itu hanya menjadi beban bagi dia dan para pendengarnya.

Setelah lebih dari 30 tahun berkarya, mungkin memang sudah saatnya kita berhenti mendengarkan petuah dan ceritanya, yang sebagian besar adalah repetisi dari apa yang sudah ia tulis. Setelah sedemikian lama menyusun retorika, sudah saatnya kita menyusunnya menjadi aksi nyata. Saya yakin itu pula yang Chomsky inginkan. 

2 thoughts on “Senjakala Chomsky

  1. a!

    komentarmu sadis sekali. beruntunglah bisa menonton secara live intelektual serupa artis bernama chomsky itu. :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>