Drive Like Jehu

Album lawas yang disajikan pada kesempatan ini adalah album Yank Crime milik band Drive Like Jehu. Band yang lahir di San Diego tahun 1990 ini hanya bertahan selama lima tahun, namun sempat menelurkan album yang cukup berpengaruh di kalangan pemerhati musik post punk / post hardcore. Selain itu, album Yank Crime juga dianggap berpengaruh terhadap genre Emo dalam hal pola permainan sound maupun beat.
 
Bagi mereka yang besar di era awal milennium baru, atau sekitar awal tahun 2000, musik Drive Like Jehu akan sangat terasa familiar, karena sebagian besar akan mengingatkan pada permainan Omar Rodriguez semasa di At the Drive In. Bahwa kedua band sama-sama menggunakan kata ‘Drive’ memang murni sebuah kebetulan, karena mereka tidak memiliki keterkaitan apa pun, kecuali mungkin personil ATDI pernah mendengar rekaman Drive Like Jehu. Memang, dari segi permainan, Drive Like Jehu terdengar mirip dengan ATDI. Mulai dari ketukan patah alias ganjil tapi upbeat, permainan gitar yang saling berbalapan dengan sound terdistorsi, dan vokal apik yang mengingatkan pada Cedric Bixter. Keseluruhan sound yang mereka hasilkan juga terasa berisik sehingga orang juga mengelompokkan musik mereka ke dalam ‘noise rock’.
 
Yank Crime adalah album yang dianggap paling canggih dalam merekam permainan Drive Like Jehu. Dalam album yang awalnya dirilis oleh Interscope Records tahun 1995 ini, Drive Like Jehu memperkenalkan unsur unsur mathrock maupun noise rock kepada massa mainstream. Namun, permainan mereka yang sedikit banyak dipengaruhi oleh musik ala Sonic Youth, Fugazi, Mission of Burma, ternyata kalah tenar dengan teman-teman di Seattle yang menikmati popularitas musik Grunge. Tidak heran, bubarnya Drive Like Jehu ternyata juga tidak banyak diperhatikan oleh media, meskipun pengaruh mereka bisa ditemui hingga sekarang, karena salah satu personil mereka banyak membantu dalam produksi album Jimmie Eat World ataupun Blink 182
 
Akhir kata, album Yank Crime pantas digoogle dan didengarkan. Kalau kantong kebetulan mengizinkan, album yang sempat dirilis ulang oleh Swami Records ini juga sangat layak untuk dibeli dan bukan hanya diunduh (baca:download). Sekedar untuk membuktikan bahwa Drive like Jehu sudah lebih unggul pada zamannya, dan tetap tidak terdengar jadul di kuping penggemar Thrice, ataupun Protest the Hero sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>