Deerhoof

Bosen dengerin band-band indie pop manis? Kalau begitu silahkan cicipi Deerhoof, band yang sulit untuk dikategorikan ke genre manapun, tetapi kalau dilihat dari labelnya (Kill Rock Stars) ) mau ga mau kita golongin ke dalam band indie. Beranggotakan empat orang, dengan vokalis cewe yang keturunan Asia, Satomi Matsuzaki (juga memainkan bass), Deerhoof memainkan musik unik yang sedikit mengingatkan kita akan attitude YeahYeahYeahs, Pavement dan juga Asobi Seksu lantaran warna vokalisnya.
 
Kuartet yang berasal dari San Francisco ini memang beda dari band-band indie yang sekarang menjamur. Pola permainan mereka khas : tidak ada ciri khasnya. Pattern lagu yang susah ditebak, bahkan terkadang tidak ada reffnya sama sekali,dibalut dengan melodi-melodi ringan dan senandung dalam bahasa Inggris tetapi beraksen Jepang, menjadi daya tarik tersendiri. Permainan gitarnya pun sebenarnya tergolong tidak istimewa,tetapi warnanya yang kasar dan terkadang noisy berhasil menjadikan musik Deerhoof terdengar lebih hidup daripada band-band Indiepop Kanada.
 
Lantas, tema apa yang sering mereka bahas di lagu-lagunya? Kalo dilihat dari judul lagu-lagunya sih,tidak ada tema umum. Simak saja judul judul lagunya di Album Apple O’, yaitu album yang menjadi referensi penulis : Panda Panda Panda, Dummy Discards a Heart, Blue Cash. Permainan musik mereka yang unik juga tercermin dalam liriknya, yang sangat singkat dan kalau disimak terkesan tidak bermakna apa-apa kalau kita tidak mengetahui isi kepala Satomi Matsuzaki.
 
Bahkan,bisa dibilang lagu-lagu tersebut tidak berisikan sebuah lirik, tetapi hanya kata kata atau frase yang diulang-ulang oleh Satomi dengan nada nada manis ala anak kecil.
 
Akhir kata, Deerhoof layak untuk Didownload.Atau setidaknya dinanti-nanti untuk mengisi soundtrack film indie berikutnya.Karena potensi untuk menjadi sebuah band non-komersil yang ngecult di antara peernya tersendiri sangat dimiliki band ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>